nusakini.com - Internasional - Seorang penyanyi folk dari Republik Ceko telah meninggal setelah sengaja terkena Covid, putranya mengatakan kepada BBC.

Hana Horka, 57, tidak divaksinasi dan telah memposting di media sosial bahwa dia pulih setelah dites positif, tetapi meninggal dua hari kemudian.

Putranya, Jan Rek, mengatakan dia terinfeksi dengan sengaja ketika dia dan ayahnya terkena virus, sehingga dia bisa mendapatkan izin pemulihan untuk mengakses tempat-tempat tertentu.

Republik Ceko melaporkan rekor jumlah kasus pada hari Rabu (19/1).

Rek dan ayahnya, yang keduanya divaksinasi lengkap, sama-sama tertular Covid selama Natal. Tetapi dia mengatakan ibunya telah memutuskan untuk tidak menjauh dari mereka, lebih memilih untuk mengekspos dirinya ke virus.

"Dia seharusnya diisolasi selama seminggu karena kami dites positif. Tapi dia bersama kami sepanjang waktu," katanya.

Bukti vaksinasi atau infeksi baru-baru ini dari virus diperlukan di Republik Ceko untuk dapat masuk ke banyak tempat sosial dan budaya, termasuk bioskop, bar, dan kafe.

Ibunya adalah anggota salah satu kelompok folk Ceko tertua, Asonance. Dia ingin tertular Covid sehingga akan ada lebih sedikit pembatasan pada pergerakannya, Rek menjelaskan.

Dua hari sebelum dia meninggal, dia menulis di media sosial bahwa dia sedang dalam pemulihan: "Sekarang akan ada teater, sauna, konser".

Pada hari Minggu (16/1) pagi, hari dia meninggal, Horka mengatakan dia merasa lebih baik dan berpakaian untuk berjalan-jalan. Tapi kemudian punggungnya mulai sakit, jadi dia berbaring di kamarnya.

"Dalam waktu sekitar 10 menit semuanya selesai," kata putranya. "Dia tersedak sampai mati".

Meskipun dia tidak divaksinasi, Jan Rek menekankan bahwa ibunya tidak percaya pada beberapa teori konspirasi yang lebih aneh tentang vaksin Covid.

"Filosofinya adalah dia lebih setuju dengan gagasan tertular Covid daripada divaksinasi. Bukannya kita akan mendapatkan microchip atau semacamnya," katanya.

Tidak ada gunanya mencoba mendiskusikan masalah ini dengannya karena itu akan menjadi terlalu emosional, tambahnya. Sebaliknya, dia berharap dengan menceritakan kisahnya dia bisa meyakinkan orang lain untuk divaksinasi.

"Jika Anda memiliki contoh hidup dari kehidupan nyata, itu lebih kuat dari sekadar grafik dan angka. Anda tidak bisa benar-benar bersimpati dengan angka."

Jumlah kasus Covid di Republik Ceko mencapai tertinggi harian baru pada hari Rabu, dengan 28.469 kasus dilaporkan dalam populasi 10,7 juta orang.

Pemerintah baru-baru ini memperkenalkan langkah-langkah baru untuk memerangi kenaikan, termasuk tes wajib bagi karyawan dan anak sekolah. Masa isolasi untuk orang yang dites positif tetapi tidak memiliki gejala telah dikurangi dari 14 hari menjadi lima hari.

Awal bulan ini, ribuan orang berdemonstrasi di Praha dan kota-kota lain menentang kemungkinan pengenalan vaksinasi wajib untuk beberapa bagian masyarakat. Pemerintah diperkirakan akan segera mengumumkan rencananya.

Sekitar 63% dari total populasi Republik Ceko telah divaksinasi lengkap, dibandingkan dengan rata-rata 69% di seluruh Uni Eropa. (bbc/dd)